Para Sahabat Travel Agents dan Tour Leaders,

Sejak berdirinya ITLA di tahun 2009, sampai detik ini masih ada yang bertanya, apa itu ITLA dan apa fungsinya bergabung bersama ITLA.

Pertanyaan yang wajar muncul dari pendatang baru yang baru lulus sekolah atau kuliah sehingga mengeluarkan pertanyaan tersebut.

Namun jika pertanyaan tersebut muncul dari ‘pemain’ lama, ada 2 kemungkinan untuk menjawabnya.

1. ITLA yang kurang aktif dan publikasi.

2. “Pemain’ lama yang tidak perhatian atau kurang bergaul.

 

Apapun jawabannya, tentunya sah-sah saja.

 

Dalam kesempatan ini, kami sebagai Wakil Ketua /  Ketua Bidang Humas ITLA, ingin menyampaikan beberapa hal untuk menjawab pertanyan-pertanyaan tersebut :

1. INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION (ITLA) merupakan satu-satunya organisasi atau  ‘rumah besar’  yang resmi, berakta hukum, bagi profesi Outbound Tour Leader di Republik ini.

2. ITLA mempunyai tujuan akhir yang diupayakan dari waktu ke waktu tanpa henti : MENGHASILKAN TOUR LEADER YANG BERKUALITAS INTERNATIONAL, melalui KEKOMPAKAN, KEBERSAMAAN.ITLA mencoba ‘membawa’ nilai – nilai baru untuk anggotanya dari sisi kemanusiaan. Mengubah anggotanya untuk belajar peduli untuk sesamanya, belajar untuk berbagi, bukan menunjuk hidung.

3. ITLA bukanlah JOB AGENCY dan COMPANY.

4. ITLA memiliki struktur kepengurusan dan  kepengurusannya oleh DEWAN PIMPINAN PUSAT (DPP) dan DEWAN PIMPINAN DAERAH (DPD). Sampai saat ini terdapat 2 DPD, DPD JAWA BARAT DAN JAWA TIMUR.

5. Baik DPP & DPD, kepengurusannya diisi oleh para rekan-rekan tour leader kita semua. Tanpa gaji, tanpa bayaran apapun.

6. ITLA memiliki CALENDAR OF EVENTS, mengeluarkan program-program kerja berupa pelatihan, workshop, dan hal lain yang ditujukan untuk para anggotanya. Hampir setiap bulannya ITLA melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, dengan umumnya FREE untuk anggotanya.

7. Kegiatan-kegiatan tersebut dipublikasikan melalui NEWSLETTER ITLA, ITLF, FB SECRETARIAT ITLA, FB FANS PAGE ITLA, BBM / WA BLAST dan website ITLA (www.itla.or.id)

8. ITLA  sampai detik ini memiliki 966 anggota yang tersebar di penjuru Indonesia dan memiliki kewajiban pembayaran iuran tahunan sebesar Rp. 300 ribu / tahunnya atau Rp. 25 ribu / bulannya, sesuai keputusan MUSYAWARAH NASIONAL ke 2, AGUSTUS 2013. Dikarenakan masih lemahnya kesadaran pembayaran iuran tahunan para anggota, ITLA memberlakukan sponsorship guna mendukung pelaksanaan berbagai kegiatannya.

9. ITLA sejauh ini membentuk kegiatan di luar daripada acara DPP ITLA. Misalkan KOMUNITAS TL PECINTA SEJARAH, KOMUNITAS TL  PHOTOGRAPHY, KOMUNITAS TL MUSIC CLUB. Hal ini untuk lebih mengaktifkan kegiatan para Tour Leader, sesuai dengan minatnya.

10. ITLA mendukung kegiatan lain yang bersinergi dengan ITLA, asalkan memiliki OUTPUT yang POSITIF bagi para Tour Leader di Indonesia dan berhubungan dengan profesi Tour Leader.

Kami masih menyayangkan adanya pemikiran-pemikiran yang negatif atas organisasi kita bersama ini. Kami mengajak Anda yang masih memiliki pemikiran negatif untuk bergabung bersama, berdiskusi bersama untuk kemajuan profesi kita bersama. Mari kita bersama melakukannya dengan elegan dan professional, bukan dengan hanya bicara, protes tanpa ujung  dan tanpa aksi. Nyatakan ide-ide dengan aksi, wujutkan semuanya untuk kebaikan kita bersama. ITLA adalah milik kita bersama. Itu baru Tour Leader dan manusia professional. ITLA untuk, oleh dan dari kita bersama. Untuk saran dan kritik, telah sering kami sampaikan dapat melalui : feedback@itla.or.id

 

ITLA tidaklah dan bukan berseberangan dengan travel agents. ITLA membantu industry agar memiliki Tour Leader yang berkualitas yang diharapkan industry. ITLA memerlukan waktu untuk mengubah anggotanya yang adalah rekan kita sendiri untuk lebih bertindak bijak dan professional dalam pekerjaannya.
ITLA tentunya memerlukan waktu pula untuk terus berkembang dan maju. Tanpa keaktifan dan kesadaran dari kita semua, ITLA tak akan memiliki manfaat yang maksimal.
Demikian yang dapat kami sampaikan, sehingga jelas adanya. Mari para Tour Leader di Republik Indonesia, kita bersatu untuk sebuah kemajuan profesi kita. Untuk pendaftaran menjadi anggota, email itla@itla.or.id.
MAJULAH TOUR LEADER INDONESIA.
Untuk Saran dan Kritik,
email: feedback@itla.or.id

Viva ITLA,

PRIYADI ABADI
Wakil Ketua / Ketua Bidang Humas, Media & Publikasi

ITLA 0902-0002

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.