Welcome, Guest
Username: Password: Remember me
Welcome to INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION

Tell us and our members who you are, what you like and why you became a member of this site.
We welcome all new members and hope to see you around a lot!

TOPIC: 8 Peradaban Kuno yang Sangat Maju, Pengaruhnya Terasa hingga Sekarang!

8 Peradaban Kuno yang Sangat Maju, Pengaruhnya Terasa hingga Sekarang! 11 months 1 day ago #104

Kita hidup di zaman yang serba canggih. WiFi, komputer, mobil, pesawat dan lainnya, semua bisa kamu nikmati. Sebagai peradaban, mau tidak mau kita harus mengakui peradaban saat ini sekarang sangatlah futuristis jika dibandingkan peradaban sebelumnya. Namun benarkah demikian?
Beberapa peneliti menemukan fakta bahwa peradaban kuno yang sekarang telah hilang sebenarnya juga sangat maju. Mungkin tidak secara teknologi, tetapi secara ide dan gagasan. Pemikiran mereka bisa disandingkan dengan kita yang hidup di zaman sekarang. Berikut ini adalah beberapa peradaban kuno yang diakui sangat maju di eranya.

1. Lembah Indus

Lembah Indus adalah peradaban di Amerika yang diperkirakan muncul 2.000 tahun sebelum masehi. Dalam peradaban tersebut, diperkirakan masyarakat di sana telah berhasil menemukan pengukuran berat dan mengembangkan desain perkotaan yang rumit, namun efektif.
Itu semua tampak dari sistem drainase yang efisien dari situs tersebut. Tak hanya itu, peradaban Lembah Indus juga melahirkan pengrajin logam yang terampil.

2. Minoan

Sejarah mencatat perabadan Minoan hadir di dunia ini kurang 7 ribu tahun sebelum masehi. Penemuan reliknya menunjukkan orang Minoan memiliki bahasa sendiri yang mana sudah ada dalam bentuk tulisan dan diakui sebagai bahasa tulis pertama Eropa.
Itu semua terbukti dari ribuan relik dan spesimen yang selalu punya pola serupa. Peneliti sampai saat ini hanya bisa menerjemahkan sedikit bahasa Minoan tersebut.

3. Phoenician

Dikenal sebagai peradaban yang melahirkan banyak pelaut handal serta pedagang hebat, Phoenician memberikan banyak sekali dampak yang terasa hingga hari ini. Dikatakan bangsa Yunani kuno menyerap sistem penulisan Phoenician di abad ke sembilan sebelum masehi untuk menciptakan sistem penulisannya sendiri. Elemen yang diadaptasi adalah adanya huruf vokal dan konsonan yang berbeda.

4. Yunani kuno

Kisah Yunani kuno sering diceritakan lewat cerita-cerita mitologi yang sampai sekarang kita dengarkan dan lihat dalam berbagai film. Salah satu kisah terkenal adalah mengenai kuda trojan yang mana kuda berukuran raksasa dan dianggap sebagai persembahan itu ternyata tidak lain merupakan kendaraan yang berisikan prajurit-prajurit. Memang teknologinya tidak futuristis seperti bayanganmu, tetapi secara ide mereka sangat maju.

5. Mesir kuno

Sampai sekarang tidak ada yang bisa menjawab bagaimana piramida dibangun oleh bangsa Mesir kuno. Peralatan seperti apakah yang mampu membawa batu-batu besar tersebut hingga bisa membangun bangunan sebegitu besarnya?
Satu hal yang juga bisa dibanggakan dari peradaban Mesir kuno adalah bagaimana kedudukan perempuan yang setara atau mungkin lebih dari pria. Itu terbukti dengan adanya takhta Cleopatra.

6. Romawi kuno

Yang paling tampak dari kemajuan peradaban Romawi adalah desain bangunannya. Relik-relik bangunan kunonya masih menjadi inspirasi hingga saat ini dan terkadang masih digunakan untuk memberikan kesan bangunan berestetika tinggi. Colosseum adalah bukti terkuat dari peradaban tersebut. Jangan lupakan juga ajaran-ajaran filosofinya.

7. Tiongkok kuno

Yang paling bisa dikenali dari sana adalah tembok besar Tiongkok. Bangunan bersejarah dan menjadi objek wisata itu adalah bukti bagaimana militerisme di zaman tersebut sangat kuat dalam upaya menghadapi invasi Mongolia. Selain tembok tersebut, peralatan dan inovasi yang dihadirkan pada masa itu juga tergolong luar biasa mengingat pada zaman itu teknologi tidak semaju sekarang, namun memiliki ide yang brilian.

8. Mesopotamia

Apakah kamu tahu jika penduduk Mesopotamia juga memproduksi bir di zamannya? Itu berhasil diketahui lewat relik berumur 13 ribu tahun yang ditemukan di area Israel.
Diperkirakan bir itu digunakan sebagai sajian ritual untuk merayakan mereka yang telah meninggal. Tak hanya maju, Mesopotamia berarti juga diakui sebagai peradaban yang maju secara spiritual.
Sebenarnya kita pun juga tidak tertinggal-tinggal amat. Contoh saja kerajaan Majapahit. Selain membangun candi Borobudur, banyak juga ajarannya yang masih kita jadikan panutan dalam bentuk kata-kata bijak. Mungkin suatu hari nanti peradaban kita pun akan berakhir seperti ini dan akan dikatakan sebagai peradaban kuno yang maju.
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.185 seconds
Powered by Kunena Forum