Welcome, Guest
Username: Password: Remember me
Welcome to INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION

Tell us and our members who you are, what you like and why you became a member of this site.
We welcome all new members and hope to see you around a lot!

TOPIC: Kamboja Hingga Barcelona, Ini 7 Landmark Populer Dunia yang Tak Selesai Dibangun

Kamboja Hingga Barcelona, Ini 7 Landmark Populer Dunia yang Tak Selesai Dibangun 10 months 2 weeks ago #107

Di beberapa negara kamu bisa menemukan berbagai landmark wisata yang jadi tujuan wisatawan. Contohnya saja di Kamboja, kamu bisa menemukan reruntuhan kuno Angkor Wat dengan arsitekturnya yang unik atau Barcelona dengan Sagrada Familia ikoniknya.

Begitu banyak landmark, monumen, atau bangunan ikonik yang dibangun di dunia. Untuk membangunnya tersebut pun butuh kerja keras serta biaya dan waktu yang tak sedikit.

Walau berbagai upaya telah dikerahkan, ternyata ada beberapa landmark populer di dunia yang justru gagal untuk dibangun, lho. Bangunan-bangunan tersebut berdiri tegak hingga sekarang tanpa ada penyelesaian.

Meski belum selesai, landmark populer dunia ini pun mengundang rasa penasaran wisatawan untuk mengunjunginya. Dilansir Matador Network, berikut kumparan rangkum tujuh landmark populer dunia yang tak selesai dibangun.

1. Hassan Tower (Maroko)

Hassan Tower merupakan menara yang dibangun untuk melengkapi Masjid Great Hassan II Mosque di Casablanca, Moroko pada masa pemerintahan Yaqub al-Mansur. Proyek yang diprakarsai Yaqub al-Mansur pada abad ke-12 ini seharusnya menjadi menara tertinggi di dunia. Sedangkan masjid yang menjadi bagiannya juga rencananya dibangun sebagai yang terbesar.

Sayangnya, konstruksi harus dihentikan setelah Yaqub al-Mansur wafat pada tahun 1199 atau empat tahun saat pembangunan menara dimulai. Menaranya saat ini memiliki tinggi 44 meter, hanya setengah dari tinggi yang direncanakan. Ada sekitar 200 tiang yang tersebar di seluruh lantai marmer. Pada 2012, Hassan Tower pun mendapat status Warisan Dunia.

2. Crazy Horse Memorial (Amerika Serikat)

Mendengar nama Gunung Rushmore di South Dakota, Amerika Serikat, pasti yang terlintas di benakmu adalah ukiran gambar raksasa empat kepala presiden Amerika Serikat.

Padahal di lokasi yang sama ada satu lagi bangunan ikonik yang menjadi bisa juga menjadi landmark terkenal di sana, yakni Crazy Horse Memorial. Sayang proyek ini tidak selesai pembangunannya.

3. La Sagrada Familia, Spanyol

Kamu pasti sudah sering mendengar dengan landmark terkenal yang ada di Spanyol satu ini. Ya, La Sagrada Familia merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan.

Karya Antoni Gaudi ini mungkin jadi sebuah karya seni dengan proses konstruksi terlama sepanjang sejarah. La Sagrada Familia mulai dikerjakan sejak 1882 dan hingga hari ini masih perlahan-lahan terus dikerjakan konstruksinya.

Layaknya sebuah seni tingkat tinggi, Gaudi bak arsitek yang membutuhkan sebuah kota sebagai media kanvasnya, yakni Barcelona. Sebuah kota tepi pantai yang setiap sudutnya dihiasi dengan karya-karya seni. Karya Antoni Gaudi ini pun menjadi salah satu ikon Kota Barcelona.

4. Mingun Pahtodawgyi (Myanmar)

Selanjutnya landmark populer dunia yang juga tak selesai dibangun bisa kamu temukan di Myanmar, tepatnya di kota kecil Mingun yang ada di wilayah Sagaing.

Mingun Pahtodawgyi merupakan sebuah pagoda yang tak selesai dibangun. Awalnya, Raja Bodawpaya ingin membangun pagoda terbesar di dunia.

Hanya saja, proses konstruksi yang dimulai pada 1790 ternyata membebani keuangan negara saat itu yang membuatnya tidak pernah selesai.

Pagoda yang belum selesai dibangun ini berukuran 50 meter, dan baru sepertiga dari ukuran tinggi yang diusulkan. Mingun Pahtodawgyi dikenal sebagai salah satu tumpukan batu dan bata terbesar di dunia.

5. National Monument Of Scotland (Skotlandia)

Berdiri di Carlton Hill, sebuah bukit di tengah Kota Edinburg, Skotlandia, bangunan ini menjadi situs warisan dunia. Monumen Nasional tersebut tak seperti monumen-monumen selama ini yang identik dengan sebuah kebanggaan. Monumen Nasional Skotlandia disebut-sebut sebagai proyek kekeliruan, rasa malu, aib, dan kebodohan.

Monumen ini seharusnya menjadi peringatan bagi para tentara Skotlandia dan para pelaut yang tewas dalam perang Napoleon. Jika bangunan rampung, monumen ini akan menyerupai Parthe­non, ikonnya Athena.

6. Ta Keo (Kamboja)

Saat mendengar Kamboja, pasti yang terlintas di benakmu adalah reruntuhan kota kuno Angkor Wat-nya. Ya, di tempat ini berdiri sebuah kuil yang tak selesai dibangun bernama Ta Keo.

Ta Keo mungkin bakalan menjadi salah satu kuil terbesar yang pernah dibangun, tetapi ironisnya proses pembangunannya tidak pernah selesai. Meskipun demikian struktur bangunannya cukup besar.

Kuil utama terdiri dari lima tingkat, dan piramida terakhir memiliki tinggi sekitar 14 meter (46 kaki), lebih tinggi dari teras kedua. Menariknya bagian kuil ini pun dibangun dari batu pasir. Hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebab berhentinya proses pembangunan.

7. Cathedral of Saint John the Divine (AS)

Terakhir, Cathedral of Saint John the Divine merupakan salah satu gereja Kristen terbesar di dunia dan merupakan salah satu bangunan ikonik di Manhattan, New York.

Dengan reputasinya tersebut, seharusnya bangunan ini tidak punya masalah dengan konstruksi. Nyatanya gereja ini memiliki beberapa bagian yang belum selesai pembangunannya.

Sejak awal pembangunan, gereja ini sudah menjadi persoalan tersendiri. Mulai dari soal pendanaan yang sulit serta konstruksi yang terhenti akibat perang dan kebakaran serta konsep desain yang beberapa kali berubah.

Hingga saat ini pengurus gereja masih mencari solusi agar gereja ini bisa selesai dibangun.
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.305 seconds
Powered by Kunena Forum