Welcome, Guest
Username: Password: Remember me
Welcome to INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION

Tell us and our members who you are, what you like and why you became a member of this site.
We welcome all new members and hope to see you around a lot!

TOPIC: 8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Liburan dengan Kapal Pesiar

8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Liburan dengan Kapal Pesiar 1 month 6 days ago #75

Liburan menggunakan kereta api dan pesawat mungkin sudah biasa dilakukan. Kalau pengin suatu hal baru, cobalah pelesir dengan kapal pesiar. Traveling dengan pemandangan lautan luas bakal membuatmu takjub.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum liburan dengan kapal pesiar. Di antaranya seperti berikut ini.

1. Informasi cuaca

Keadaan cuaca di laut memang gak bisa diprediksi. Sebaiknya, cari dulu informasi mengenai cuaca terbaru melalui website resmi perjalanan kapal pesiar. Kalau cuaca tak mendukung, jangan dipaksakan berangkat. Apalagi jika ada potensi badai besar.
Cuaca paling tepat untuk liburan dengan kapal pesiar adalah saat musim panas. Matahari bersinar cerah, air laut pun tenang. Serunya lagi, semilir angin bisa kamu dapatkan saat berada di atas kapal.

2. Tidak ada pengembalian uang

Sebelum memesan tiket, pastikan tekadmu sudah bulat. Sebab, banyak perusahaan layanan kapal pesiar yang tidak memiliki fasilitas refund atau pengembalian uang.

Terdapat beberapa jalur pelayaran yang membayarnya bisa sebelum tanggal keberangkatan. Namun, tak sedikit pula yang mengharuskanmu membayar penuh setelah memesannya. Jadi pastikan dengan benar, supaya kamu gak rugi.

3. Harga sudah termasuk paket

Saat memesan tiket, umumnya harga tersebut sudah meliputi kabin, makan malam prasmanan, pertunjukan seni, karaoke, dan fasilitas kolam renang. Namun, ada pula beberapa fasilitas yang tak masuk dalam harga, seperti salon, spa, dan gym.
Biar gak salah beli, ada baiknya memastikan dulu fasilitas apa yang didapat. Kalau misal kurang nyaman, kamu bisa beli paket lainnya. Begitu pula sebaliknya, kalau dirasa tak terlalu penting, kamu bisa pilih paket yang biasa saja.

4. Bisa memilih letak kamar atau kabin

Hampir serupa dengan kereta api dan pesawat yang bisa memilih tempat duduk, kamu juga bisa memilihnya di kapal pesiar. Namun, bukan kursi, melainkan kamar atau kabin. Dengan begitu, kamu bisa tidur nyaman dan nyenyak.
Kalau tak tahan dengan mabuk laut, sebaiknya pilih kamar yang berada di tengah lambung kapal. Goyangan ombaknya lebih tak terasa dibandingkan yang di bagian pinggir. Kalau pengin melihat pemandangan laut lebih jelas, pilihlah kabin di lantai yang cukup tinggi.

5. Semua serba bergantian

Hampir semua fasilitas di kapal pesiar adalah hak seluruh penumpang. Ada beberapa yang harus digunakan secara bergantian, mulai dari kursi jemur, tempat duduk saat makan, mengantre saat mengambil makanan, hingga kolam renang.
Kamu juga harus sabar, geladak menjadi tempat paling ramai. Jangan dorong-mendorong atau memotong antrean, biar suasana tetap nyaman dan aman.

6. Ketahui letak pelampung

Tak ada yang tahu peristiwa apa yang akan ada di tengah lautan. Untuk itu, pastikan saat menaiki kapal pesiar, kamu tahu letak jaket pelampung. Biasanya, masing-masing penumpang akan diberi pelampung.
Kalau tiba-tiba ada hal darurat, langsung pakai. Kalau kamu merasa was-was, memakainya selama perjalanan tak masalah, kok.

7. Laut bukan tempat sampah

Pastikan kamu tak membuang sampah apa pun ke laut, sekali pun bungkus permen. Kerusakan lingkungan sudah sangat parah, jangan ditambah lagi dengan sampahmu.
Makhluk hidup yang berada di dalam laut bisa saja mengira sampah yang kamu buang adalah makanan. Sehingga, ulah kita bisa merusak habitat mereka. Sudah banyak tong sampah yang bisa kamu manfaatkan dengan bijak.

8. Bisa turun di pelabuhan terdekat jika ada keadaan darurat

Saat berada di atas kapal, keadaan darurat tak bisa kamu hindari. Kalau tiba-tiba ada hal yang mengharuskanmu turun, tetapi kapal masih berlayar, kamu bisa turun di pelabuhan berikutnya.
Beberapa kapal pesiar memperbolehkan penumpangnya untuk turun di sepanjang pelabuhan terdekat jika dalam keadaan darurat. Namun, tentu saja gak bisa mendadak. Setidaknya, kamu harus memberitahu petugas kapal 24 jam sebelum kapal berhenti.
Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui dan perhatikan sebelum memutuskan liburan menaiki kapal pesiar. Semoga perjalananmu aman dan nyaman!
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 1.056 seconds
Powered by Kunena Forum