Welcome, Guest
Username: Password: Remember me
Welcome to INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION

Tell us and our members who you are, what you like and why you became a member of this site.
We welcome all new members and hope to see you around a lot!

TOPIC: 6 Fakta Negara Paraguay yang Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya

6 Fakta Negara Paraguay yang Belum Pernah Kamu Ketahui Sebelumnya 1 month 5 days ago #77

Paraguay atau yang memiliki nama resmi República del Paraguay​ ini merupakan negara yang terletak di Amerika Selatan, tepatnya di tengah benua ini yang berbatasan langsung dengan Brazil, Argentina dan Bolivia. Negara ini dulunya sempat menjadi koloni bangsa Spanyol, hingga mampu memerdekakan diri pada tanggal 4 Mei 1811.

Negara ini juga hanya memiliki penduduk kurang lebih tujuh juta jiwa yang memiliki berbagai keunikan lainnya. Bagi kalian yang ingin tahu berbagai fakta mengenai Paraguay, maka langsung simak ulasannya berikut ini.

1. Merupakan negara paling bahagia di dunia

Paraguay tercatat sebagai negara paling bahagia di dunia, dengan memiliki Positive Experience Index terbesar di dunia, yang mencapai angka 85. Serta menjadi yang tertinggi dibandingkan negara-negara Amerika Selatan lainnya, serta memiliki poin yang sama dengan Panama. Penilaian indeks ini didapat dari pengalaman emosi masyarakat yang ada di suatu negara, baik positif maupun negatif.

2. Memiliki dua bahasa resmi

Paraguay juga memiliki keunikan lainnya dibandingkan negara Amerika Selatan lainnya, di mana memiliki dua bahasa resmi, yakni Spanyol dan Guarani. Seringkali masyarakat Paraguay mencampur kedua bahasa ketika berbicara satu sama lain, serta terdapat istilah baru dari perpaduan dua bahasa tersebut. Sebenarnya Bahasa Guarani merupakan bahasa daerah dari masyarakat asli di Amerika Selatan yang tinggal di wilayah Paraguay saat ini dan merupakan anak Bahasa Tupi.

Di samping itu, masyarakat Paraguay terdiri 80 persen campuran antara masyarakat pendatang asal Eropa dan masyarakat asli, atau dijuluki dengan Mestizo.

3. Memiliki tradisi untuk menepuk tangan

Satu lagi keunikan dari negara Paraguay yang perlu diketahui adalah tidak adanya tradisi mengetuk pintu rumah ketika akan berkunjung, seperti halnya di negara lain. Justru di Paraguay sangat terkenal akan budaya menepuk tangan ketika sampai di rumah, guna memberikan tanda jika sudah sampai, ataupun mengetahui ada orang atau tidak. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan rumah-rumah di Paraguay yang umumnya tidak memiliki pintu dan jendela pada zaman dahulu, karena cuaca panas yang ekstrem.

4. Pemroduksi Ganja terbesar kedua di dunia

Paraguay menjadi negara pemroduksi ganja terbesar kedua di dunia setelah Meksiko, walaupun ganja menjadi barang ilegal di Paraguay. Namun produksi ganja sudah menjadi industri gelap di Paraguay yang dikirim ke luar negeri, terutama di negara tetangganya seperti Argentina, Brasil, Uruguay dan Chili. Tingginya produksi ganja di Paraguay, tak lain dikarenakan tanah di negara ini yang berwarna merah dan subur, yang mana sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman bernama latin Cannabis sativa ini.

5. Pernah terlibat pertempuran terbesar di Amerika Latin

Paraguay pernah terlibat dalam pertempuran besar di Amerika Selatan pada abad ke 19, tepatnya di tahun 1864-1870, yang dijuluki Perang Paraguayan. Perang ini disebabkan adanya perebutan wilayah dari Paraguay dengan negara tetangganya, Brasil, Argentina dan Uruguay.

Hingga para akhirnya Paraguay mengalami kekalahan besar dari pasukan gabungan ketiga negara tersebut dan mengalami kekurangan jumlah laki-laki pada saat itu. Serta dibutuhkan waktu selama beberapa dekade untuk mengembalikan ketimpangan demografi yang terjadi.

6. Memiliki Angkatan Laut meskipun tidak memiliki akses ke laut lepas

Paraguay juga memiliki keunikan lain, bagaimana tidak negara landlocked atau tidak memiliki akses ke lautan ini justru memiliki Angkatan Laut dalam militernya. Bahkan negara ini memiliki jumlah anggota AL terbesar dibandingkan dengan negara terkurung lainnya.

Namun Paraguay dilewati oleh dua sungai besar yakni Sungai Paraguay dan Sungai Parana yang berada di perbatasan antara Brasil dan Argentina. Maka dari itu tentara AL Paraguay dibentuk untuk melindungi dan menjaga sungai besar yang ada di Paraguay.

Itu dia keenam fakta mengenai negara Paraguay yang dapat menambah wawasanmu mengenai negara di Amerika Selatan ini. Semoga bisa menambah wawasan kalian semua.
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.162 seconds
Powered by Kunena Forum