Welcome, Guest
Username: Password: Remember me
Welcome to INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION

Tell us and our members who you are, what you like and why you became a member of this site.
We welcome all new members and hope to see you around a lot!

TOPIC: 5 Negara Tertua di Dunia, Sejarah yang Mengagumkan untuk Diketahui!

5 Negara Tertua di Dunia, Sejarah yang Mengagumkan untuk Diketahui! 2 weeks 3 days ago #84

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengakui jumlah negara hingga saat ini berjumlah 193 negara. Negara-negara tersebut sangat menarik untuk diketahui dari berbagai sudut pandang. Termasuk negara yang dikategorikan tertua di dunia, dan tentu saja dibuktikan dengan berbagai peninggalan-peninggalan yang kaya sejarah.

Meski hingga kini belum benar-benar terbukti negara mana yang paling tua. Melansir dari berbagai sumber, inilah 5 negara yang dikategorikan tertua di dunia.

1. San Marino

San Marino diketahui sebagai negara terkecil kelima di dunia. Fakta uniknya, ternyata negara yang dikelilingi daratan ini dikategorikan sebagai negara tertua di dunia juga, lho. San Marino didirikan pada tanggal 3 September 301 SM. Meski begitu, Paus yang pada saat itu mengendalikan Italia Tengah tidak mengakui negara San Marino sebagai negara merdeka hingga tahun 1.631 CE.
Melansir dari traveltriangle.com, alasan di balik pengakuan San Marino sebagai negara merdeka masih belum diketahui hingga kini. Namun dipastikan jika Paus berpengaruh besar terhadap daerah di sekitar Italia tersebut.
Bukti sejarah yang ditemukan di negara berukuran 61.2 km² ini di antaranya biara di puncak Gunung Titano yang dibangun pada abad ke-6 SM dan konstitusi San Marino yang ditulis pada tahun 1600 M.

2. Jepang

Jepang dikategorikan sebagai negara tertua di Asia bahkan dunia. Menurut catatan sejarah, Kaisar Jimmu adalah pendiri sekaligus kaisar pertama negara matahari terbit tersebut, yakni sejak tahun 660 SM. Dengan catatan sejarah yang sangat panjang tersebut, Jepang telah mengalami berbagai jenis pemerintahan dan penggantian pemimpin.
Abad ke-8 M, budaya Buddha masuk dan menyebar ke seluruh pulau di negara sakura tersebut. Itu menjadi sekecil kisah Jepang pada masa lampau. Pada tahun 1868 M, Jepang modern muncul. Kemunculan Jepang modern tersebut dikenal dengan istilah Restorasi Meiji (pengembalian kekuasaan pada Kaisar).

3. Tiongkok

Tiongkok dipercayai telah ada sejak 17 atau 11 SM. Dinasti Shang yang faedol adalah sosok yang memerintah pada era tersebut. Namun masyarakat China modern mengklaim dan merayakan berdirinya negara tirai bambu pada tahun 221 SM, di mana Qin Shi Huang sebagai kaisarnya.
Tiongkok memiliki catatan sejarah yang sangat panjang dan berliku. Abad ke-3 M, Dinasti Han menyatukan budaya dan tradisi di sana. Abad ke-13 M, bangsa Mongol menyerang dan menghancurkan populasi China. Tahun 1.912 pada masa revolusi, Dinasti Qing China digulingkan. Dan kericuhan yang tak berkesudahan tersebut berakhir pada 1949, di mana pada 21 September dipercaya sebagai hari terbentuknya negara yang dinamai Republik Rakyat Tiongkok itu.
Meski begitu, negara yang terletak di Asia Timur tersebut merayakan hari kemerdekaannya setiap tanggal 1 Oktober sejak 1949.

4. Yunani

Bagi banyak orang, Yunani sudah tidak asing lagi sebagai negara tertua di dunia dengan didukung bukti sejarah yang mengagumkan. Peradaban maju Eropa pertama tumbuh di negara para Dewa tersebut, yakni sejak 3.200 SM. Athena adalah kota dengan sistem demokrasi pertama yang mana berdiri sejak 508 SM.
Sejarah Yunani yang panjang tersebut pun menjadi pembelajaran berarti bagi masyarakat barat, seperti mempelajari olimpiade kuno, marathon hingga dalam hal seni, budaya dan teknologi lainnya.

5. Mesir

Hioreglif Mesir, adalah sistem penulisan tertua kedua di dunia yang diperkirakan telah ada sejak 3.200 SM dan menjadi catatan sejarah negeri piramida tersebut. Pada tahun 3.150 SM dipercaya sebagai tahun pertama Raja Menes membentuk kerajaan terpadu di Mesir. Persia dan Yunani hingga Kekhalifahan Islam pernah menjadi bagian sejarah Mesir. Hingga kini Mesir pun diketahui sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim. Meski memiliki catatan sejarah yang sangat panjang, Mesir merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 28 Februari sejak 1922.
Selain kelima negara di atas, masih banyak lagi negara di dunia ini yang dikategorikan sebagai negara tertua di dunia. Seperti Ethiopia, Iran, Armenia, Prancis dan masih banyak lagi. Bukti peninggalan-peninggalan pada masa lampau menunjukkan bahwa negara-negara tersebut layak dikategorikan negara tertua di dunia.
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.271 seconds
Powered by Kunena Forum