Welcome, Guest
Username: Password: Remember me
Welcome to INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION

Tell us and our members who you are, what you like and why you became a member of this site.
We welcome all new members and hope to see you around a lot!

TOPIC: Pantai Unik di Irlandia Ini Konon Terbentuk karena Ulah Raksasa

Pantai Unik di Irlandia Ini Konon Terbentuk karena Ulah Raksasa 2 months 1 week ago #86

Dari sekian banyak pantai di dunia, ada satu pantai unik yang bisa kamu jumpai di Irlandia. Kalau pantai pada umumnya dihiasi dengan pasir yang lembut nan indah, pantai ini justru dipenuhi dengan formasi bebatuan yang tak biasa.

Inilah Giant's Causeway, pantai unik di Irlandia Utara yang konon terbentuk oleh raksasa.

Dilansir laman pariwisata Irlandia, pantai yang terletak di Kota Antrim di timur laut Irlandia Utara ini menarik minat wisatawan karena bebatuannya yang semuanya berbentuk heksagonal. Bahkan, konon masyarakat sekitar mempercayai bahwa pantai ini terbentuk karena ulah raksasa.

Sederet mitos dan cerita-cerita tua menghiasi keindahan yang ada di Giant's Causeway. Salah satunya mitos tentang raksasa Irlandia yaitu Finn MacCool dan rivalnya raksasa dari Skotlandia yang bernama Benandonner.

Dikisahkan bahwa dahulu raksasa Finn MacCool membangun jalan pintas menuju Skotlandia untuk mempermudah dirinya melawan sang rival yaitu Benandonner.

Namun, saat sedang membangun jalan Finn MacCool tertidur, dan saat itulah Benandonner muncul dan akan melawan raksasa Irlandia tersebut.

Namun karena melihat ukurannya yang besar, raksasa Skotlandia ini ketakutan kemudian berlari kembali ke Skotlandia sambil menutup jalan yang telah dibuat raksasa Irlandia dengan batu-batu besar.

Konon batu-batu besar inilah yang sekarang dikenal dengan Giant's Causeway.

Berbagai cerita dan mitos yang hadir membuat Giant's Causeway memiliki berbagai nama, seperti Shepherd's Steps, The Honeycomb, The Giant's Harp, The Chimney Stacks, The Giant's Gate dan The Camel's Hump.

Selain mitos atau legenda yang beredar tersebut, para ilmuwan berasumsi bahwa 40 ribu bebatuan yang ada di pantai Giant's Causeway terbentuk dari lava gunung berapi sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Meski sebagian besar formasi bebatuan di pantai ini berbentuk heksagonal, ada pula yang berbentuk segi empat, lima, dan delapan. Selain itu, kolom batu tertinggi di sini memiliki tinggi hingga 12 meter.

Karena keunikannya tersebut, UNESCO pun mendeklarasikan tempat ini sebagai World Heritage Site pada 1986.

Menurut Staff Giant's Causeway Visitor Centre, Eleanor Killough, wajar jika tempat ini menjadi salah satu situs warisan dunia paling bernilai.

"Tidak heran tempat ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, karena di luar keindahan yang menakjubkan, Causeway adalah portal kami ke masa lalu Bumi yang paling kuno," kata Eleanor.

Giant Causeway menjadi salah satu obyek wisata paling populer di Irlandia Utara.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Giant's Causeway kamu harus membayar sekitar 13,5 euro atau Rp 236 ribu rupiah untuk dewasa sedangkan 6,75 euro atau Rp 118 ribu untuk anak-anak.
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.144 seconds
Powered by Kunena Forum