Welcome, Guest
Username: Password: Remember me
Welcome to INDONESIAN TOUR LEADERS ASSOCIATION

Tell us and our members who you are, what you like and why you became a member of this site.
We welcome all new members and hope to see you around a lot!

TOPIC: 5 Fakta Nefertari, Perempuan Intelek Bergelar Istri Kesayangan Firaun

5 Fakta Nefertari, Perempuan Intelek Bergelar Istri Kesayangan Firaun 11 months 2 weeks ago #98

Selain Cleopatra, ternyata Mesir kuno memiliki ikon perempuan cantik lainnya, yaitu Nefertiti istri Ramses II Firaun yang terkenal. Selain cantik Nefertari juga memiliki kelebihan lain yang membuatya wajar saja jika menonjol diatas ratu-ratu Mesir lainnya hingga dijadikan ikon perempuan Mesir. Dan berikut lima fakta Nefertari yang agung.

1. Terkenal kecantikannya, tidak kalah dari Cleopatra

Ratu Nefertari adalah salah satu ratu paling populer dalam sejarah Mesir, ia pun merupakan ikon perempuan Mesir kuno. Ramses II seperti raja-raja lainnya memiliki banyak istri, namun hanya satu yang mendapat mendapat kehormataan sebagai ratu dan menjadi pemimpin dari istri-istri lainnya. Dan bagi Ramses II kehormatan itu jatuh kepada Nefertiti, ia sangat terobsesi dengan kecantikannya.

Bahkan Ramses II membangun makam Nefertiti dengan sangat megah, makan yang dinamai QV66 yang terkenal. Ini adalah konstruksi paling spektakuler di Valley of the Queens. Lukisan - lukisan indah terpasang di setiap dinding, langit - langit makan dilukis dengna ribuan bintang kecil, begitu pula dengan lukisan Nefertari yang melambangkan kemampuan literasinya. Bangunan megah ini adalah bukti betapa berartinya Nefertiti bagi Ramses II.

2. Istri paling dicintai Firaun alias raja Ramses II

Sepanjang hidupnya, Firaun memiliki dua istri sebelum menikahi ketiga anak perempuannya dan Ratu Nefertari adalah istri yang paling dicintainya. Firaun sangat terobsesi dengan kecantikannya, Firaun bahkan melukiskan pemujaannya kepada Nefertari di dinding makamnya yang mewah. Nefertari adalah istri pertama Firaun yang dinikahi sekitar tahun 1303–1213 SM. Firaun menikahi Nefertari setelah naik tahta menjadi putra mahkota diperkirakan saat itu usinya sekitar 25 tahun dan Nefertari lebih muda darinya antara 20-25 tahun.

Dari pernikahan ini Firaun dikaruniai empat orang putra yaitu Amun-hir-khepeshef, Pa-Ra-wenem-ef, Mery-Ra dan Mery-Atum, kemudian empat orang putri yaitu Baketmut, Nefertari, Merytamun dan Henuttaui. Selain dengan Nefertari Firaun juga menikah dengan Isisnofret, dari pernikahan keduanya Firaun juga dikaruniai anak, namun sebagaimana ibunya anak-anak dari Nefertari jauh lebih dicintai . Tetapi walaupun begitu, pada akhirnya Merenptah lah putra Isisnofret yang berhasil naik tahta menjadi putra mahkota.

Nefertari meninggal sekitar usia 40an, tak lama kemudian Ratu Isisnofret meninggal dunia. Setelah kedua istrinya maninggal, Firaun kemudian menikahi tiga putrinya yaitu, Bint-Anat, Merytamun dan Nebettaui.

3. Perempuan cerdas

Selain terkenal dengan kecantikannya yang tidak kalah dari Cleopatra, Nefertari juga dikenal sebagai wanita cerdas. Dia perempuan berpendidikan tinggi, dia mampu membaca dan menulis hieroglif, dimana pada masa itu hanya sedikit dan hanya perempuan tertentu yang memiliki keterampilan tersebut.

Karena kecerdasannya Nefertari bahkan mampu berperan aktif dalam politik luar negeri Mesir pada masa itu, dia melakukan diplomasi dengan beberapa tokoh penting dalam kerajaan. Selain kecantikannya, kecerdasan Nefertari juga disebut sebagai salah satu hal yang membuat Ramses II sangat mencintainya.

4. Keturunan bangsawan

Meskipun tidak diketahui pasti bagaimana latar belakang keluarganya, namun berdasarkan prasasti yang dapat terbaca di makamnya diperkirakan Nefertarari memiliki darah bangsawan. Dalam prasasti tersebut tercatat nama 'Kheper-Kheperu-Ra' yang terhubung dengan Raja Ay, yang menguasai Mesir beberapa tahun setelah Tutankhamun. Namun demikian, tidak ada gelar 'Daughter of a King' yang menunjukan Nefertari sebagai putri Raja, berdasarkan kronologisnya beberapa peneliti memperkirakan mungkin Nefertri adalah cucu perempuan Raja Ay.

5. Memiliki banyak julukan yang menunjukan keagungannya

Nefertari merupakan salah satu ratu paling terkenal dalam sejarah Mesir, layaknya Cleopatra, sebagai ratu agung yang terkenal Nefertari memiliki beberapa nama panggilan diantaranya 'Lady of Grace' yang berarti 'perempuan pembawa rahmat'. Kemudian dikenal juga dengan julukan 'Lady of All Lands' yang bermakna perempuan dari semua negeri, lalu 'Wife of the Strong Bull' yang bermakna 'istri dari banteng yang kuat' tidak heran karena memang ia istri yang paling dicintai oleh Raja kuat seperti Firaun, 'Great of Praises' dan banyak julukan lainnya.
Attachments:
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.155 seconds
Powered by Kunena Forum